Tim Kesenian PKA Ke-8 Aceh Tengah Bertolak ke Banda Aceh

39
SHARES
217
VIEWS

HARIE.ID, TAKENGON | Tim kesenian Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 mulai bertolak ke Banda Aceh, Kamis 26 Oktober 2023 malam.

Event akbar yang akan dihelat pada tanggal 04 – 12 November 2023 itu akan berlangsung semarak di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh.

Kali ini, thema yang diusung adalah “Jalur Rempah” dengan tagline “Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia”.

BACA JUGA

Taufiq Gayo saat di konfirmasi menyebut, pihaknya akan mengikuti sejumlah pertandingan, seperti tari kreasi, musik tradisi garapan, tari Guel dan tari sining,

“Kami mengusung kolaborasi seni tradisi dan juga berupaya mempromosikan kesenian Dataran Tinggi Gayo tepatnya di Aceh Tengah,” kata Taufiq.

Sebelumnya kata dia, pihaknya telah mengikuti pra PKA atau seleksi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Tengah beberapa waktu lalu.

Pihaknya terus konsen berlatih hingga event kebudayaan tersebut dimulai. Bahkan, mereka siap mengharumkan nama Aceh Tengah di Kota Raja, Banda Aceh.

“Ada beberapa sanggar yang ikut. Alhamdullilah kita juara,” kata Taufik Gayo merinci kemenangan yang pernah diraih.

“Kami juga berharap dengan dengan kematangan dan persiapan ini bisa sukses dan mendapatkan juara di tingkat Provinsi, sekaligus mempromosikan rempah melalui tari dan musik,” demikian Taufik.

Diektahu, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) merupakan ajang perhelatan kebudayaan terbesar di Aceh, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya, sejarah, dan adat istiadat Aceh yang telah diadakan sejak tahun 1958, 1972, 1988, 2004, 2009, 2013, 2018.

Penulis | Arinos

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI