Difasilitasi Bank Aceh, Gairah UMKM Digadang Meningkat Selama Ramadhan

Harie.Id, Takengon – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Aceh Tengah di fasilitasi oleh Bank Aceh Cabang Takengon untuk berjualan di samping Tugu Aman Dimot.

Stand pun didirikan berjejer rapi, lokasinya tepat di depan Mapolres Aceh Tengah. Baru perdana di lakukan oleh Bank Aceh di Bulan Ramadhan tahun ini.

Meski didukung oleh beberapa pihak, salah satunya adalah Bank Aceh Syariah Takengon. Upaya itu dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada UMKM untuk terus maju dalam memasarkan produk sehingga dapat meningkatan perekonomian di Aceh Tengah.

BACA JUGA

“Gebyar UMKM Kuliner ini, direncanakan akan diadakan selama bulan Ramadhan 1444 H terhitung mulai 13 Maret hingga 22 April 2023,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Marwandi Munthe, Kamis 23 Maret 2023 sore.

Dalam laporannya, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 100 pelaku UMKM yang terlibat. Dari angka ini, tentu banyak sajian kuliner yang dipersiapkan untuk menu berbuka puasa.

Menurut Kepala Bank Aceh Cabang Takengon, T Nasrullah, seratusan pelaku UMKM ini nantinya akan menjadi mitra binaan Bank Aceh.

Menurutnya, peran UMKM juga menjadi salah satu pendongkrak mengatasi inflasi daerah. Atas dasar itu, pihaknya hadir menyentuh langsung pelaku UMKM yang ada di Kabupaten berhawa sejuk itu.

“Kita sangat mendorong upaya pertumbuhan ekonomi di Aceh Tengah, terlebih lagi mendorong serta mendukung pengembangan UMKM lewat Gebyar Kuliner Ramadhan ini,” kata Nasrullah sembari menyebut wacana pembiayaan UMKM lewat dana KUR Syari’ah.

Pj Bupati Aceh Tengah, Teuku Mirzuan secara resmi telah membuka Gebyar Kuliner Ramadhan 1444 H. Saat itu dihadiri unsur pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah, para kepala perangkat daerah dan para pelaku UMKM, serta ribuan masyarakat.

Gebyar UMKM Kuliner itu kata Mirzuan, akan diselenggarakan selama bulan Ramadhan, menyediakan menyediakan menu berbuka puasa serta dapat dijadikan tempat ngabuburit masyarakat Aceh Tengah, sekaligus sebagai ajang mempromosikan produk UMKM.

“Sebagai salah satu dampak dari bulan Ramadhan adalah permintaan beberapa produk akan meningkat menjadi sangat tinggi, dan ini menjadi waktu yang tepat bagi pelaku UMKM untuk terus melakukan promosi produknya,” katanya.

Lewat UMKM kuliner ramadhan itu kata Mirzuan, diharapkan dapat menjadi ajang promosi di kalangan masyarakat luas, meningkatkan serta memberikan gairah baru dalam perekonomian masyarakat.

Pelaku UMKM diminta dapat memanfaatkan momen tersebut, ia juga berharap terus mendukung para pelaku UMKM agar mengalami kemajuan baik dalam memasarkan produknya maupun dalam peningkatan kualitas dan kuantitas produk UMKM sendiri.

Selanjutnya keadaan tersebut, dapat dijadikan sebagai pase pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, untuk terus membangun usaha di kalangan masyarakat sebagai bentuk dari keberlangsungan ekonomi daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Ia juga mengucapakan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, serta semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam gebyar kuliner UMKM Ramadhan 1444 H.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, terkhusus para pelaku UMKM yang telah berpartisipasi menyukseskan gebyar UMKM Kuliner.” Tutup Mirzuan. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI