TMMD Kodim 0106 Aceh Tengah Ditutup, Pangdam IM Serukan Semangat Gotong Royong 

20
SHARES
113
VIEWS

HARIE.ID, TAKENGON | Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Niko Fahrizal, M.Tr.(Han) secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 yang diselenggarakan oleh Kodim 0106 Aceh Tengah, Kamis 22 Agustus 2024.

Upacara penutupan itu berlangsung di Lapangan Sepak Bola Kampung Gele Pulo, Kecamatan Bintang.

Acara ini mengusung tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah,” yang menggambarkan komitmen TNI dalam mempercepat pembangunan di daerah-daerah terpencil.

BACA JUGA

Sebelum upacara dimulai, Pangdam IM disambut oleh Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, S.E., M.Han, bersama unsur Forkopimda Aceh Tengah.

Sambutan hangat ini pun ditandai dengan pengalungan sal kerawang Gayo dan pertunjukan Tari Munalo.

Dalam upacara tersebut, Mayjen TNI Niko Fahrizal bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara dijabat oleh Danyon Arhanud 5/CSBY, Letkol Arh Jamal Dani Arifin, S.Sos., M.M.D.S., dan Perwira Upacara oleh Kasdim 0106/Aceh Tengah, Mayor Inf Peka Aswan, S.Or., M.Pd., AIFO.

Dalam amanatnya, Pangdam IM menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya TMMD ke-121 yang berjalan aman dan lancar.

“Sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat menutup kegiatan TMMD ke-121 di wilayah Kodam Iskandar Muda ini dalam keadaan aman dan lancar,” katanya.

Pangdam IM juga menegaskan pentingnya TMMD sebagai salah satu wujud operasi bakti TNI yang berperan dalam akselerasi pembangunan, terutama di daerah-daerah yang tertinggal, terisolasi atau terkena dampak bencana.

Selama hampir satu bulan, mulai dari pembukaan TMMD pada 24 Juli 2024, para prajurit TNI bersama anggota Kepolisian, aparat pemerintah daerah, dan masyarakat setempat bekerja keras menyelesaikan berbagai program yang telah direncanakan.

“TMMD diprogramkan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan yang mencakup sasaran fisik maupun non-fisik. Ini juga bertujuan untuk mendukung pertahanan darat dengan membentuk ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh, sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) wilayah pertahanan,” lanjutnya.

Dengan mengakhiri TMMD ke-121 ini, Pangdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga sinergi dan semangat gotong-royong dalam membangun daerah.

“Saya berpesan kepada seluruh anggota Satgas TMMD dan masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat guna mengembangkan potensi daerah kita menjadi lebih maju,” demikian kata Pangdam IM.

Upacara penutupan ini turut dihadiri oleh beberapa pejabat penting, di antaranya Istri Pangdam IM, Asrendam Kasdam IM Kolonel Inf Agus Setiandar beserta istri, Aster Kasdam IM Kolonel Inf Budi Rahmawan beserta istri, Danrem 011/LW Kolonel Inf Ali Imran, Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Kurniawan Agung Sancoyo, Pj. Bupati Aceh Tengah Subhandy, A.P., M.Si., Kepala Kejaksaan Negeri Takengon Andi Hendrajaya, S.H., M.H., Wakil Ketua II DPRK Aceh Tengah Edi Kurniawan, S.H., serta sejumlah tamu undangan lainnya.

[ REL ]

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI