Kedatangan Surat Suara Tertunda, Bawaslu Aceh Tengah Lakukan Pengawasan ke Belawan

BACA JUGA

HARIE.ID, TAKENGON | Bawaslu Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan tugas pengawasan dan penjemputan kertas suara Pemilu 2024 berupa kertas suara Presiden, Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRA dan DPRK ke Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Dari informasi awal kapal sandar di Belawan pada tanggal 25 – 26 Desember 2023 dan kertas suara akan diberangkatkan ke Aceh Tengah pada tanggal 27 Desember 2023, namun karena kendala teknis sampai hari ini kertas suara untuk Aceh Tengah belum dapat diberangkatkan.

“Kita di Bawaslu sejak hari pertama kapal bersandar sudah standby di Belawan dan selalu berkoordinasi dengan pihak pelabuhan, karena terjadi pergeseran waktu pergerakan kertas suara membuat kita harus menunggu sampai hari ini, kita akan pastikan kertas suara berangkat dari Belawan dan tiba di gudang logistik KIP Aceh Tengah sesuai dengan ketentuan” Kata Waladan, Sabtu 30 Desember 2023 melalui sambungan seluler nya.

“Bawaslu Aceh Tengah hadir untuk tugas pengawasan karena perintah Undang-undang dan tanggungjawab untuk memastikan kertas suara untuk Aceh Tengah tepat jumlah, tidak terjadi kerusakan dan dipastikan pergerakannya selalu kita awasi mulai dari Belawan sampai ke Gudang Penyimpanan” Kata Waladan Yoga.

Kendala yang dihadapi.

“Selain soal waktu, untuk kertas suara Aceh Tengah kontainernya sudah standby di pelabuhan, kemudian isi kontainer terjadi penggabungan kertas suara dengan Kabupaten lain, sehingga membutuhkan ketelitian agar kertas suara tidak tercampur saat pemilahan dilakukan” Jelas Waladan Yoga.

Bawaslu memastikan kertas suara tidak nyasar ke Kabupaten lain.

“Bawaslu Aceh Tengah memastikan jangan sampai kertas suara untuk Aceh Tengah bisa nyasar ke Kabupaten lain, sehingga kita punya tanggungjawab untuk selalu hadir dan menyaksikan secara langsung saat pemilahan kertas suara dilakukan di Belawan, kita dihadapkan dengan irisan tahapan selanjutnya yaitu proses sortasi, pelipatan dan pendistribusian ke Kecamatan dan dari kecamatan ke TPS” ungkap Waladan Yoga.

Personil dari Aceh Tengah untuk tugas pengawasan, pengawalan serta penjemputan kertas suara hadir langsung di Belawan dari unsur Bawaslu dan jajaran personil Polres Aceh Tengah.

“Bawaslu Aceh Tengah secara khusus mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Aceh Tengah dan personil yang ditugaskan dalam melaksanakan penjemputan dan pengawalan langsung kertas suara ke Belawan Medan” tutup Waladan Yoga.

[ ARINOS ]

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI