Ini Sosok Erwin Pratama, Pj Sekda Aceh Tengah

362
SHARES
2k
VIEWS

HARIE.ID, TAKENGON | Erwin Pratama resmi dilantik oleh Penjabat Bupati Aceh Tengah, Subhandhy, Senin 02 September 2024.

Ia dilantik sebagai Pj Sekda Aceh Tengah, di gedung Ummi, Pendopo Bupati setelah sebelumnya didampuk sebagai Plh Sekda.

Lewat surat keputusan Bupati Aceh Tengah, Nomor 387 Tahun 2024 tentang Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

BACA JUGA

Erwin Pratama, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanahan, kini resmi menduduki posisi strategis.

Selain kiprah di pemerintahan, Erwin juga dikenal sebagai Owner ARB Coffee Shop yang semakin memperkuat citranya sebagai sosok dinamis dan inovatif.

Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Erwin Pratama memiliki latar belakang pendidikan yang kokoh. Ia menempuh pendidikan dasarnya di SD Negeri 2 Takengon tahun 1995 dan melanjutkan ke SMP Negeri 1 Takengon tahun 1998, sebelum akhirnya menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMU Negeri 4 Banda Aceh pada tahun 2001.

Ia kemudian menempuh pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2006 dan melanjutkan ke Institut Ilmu Pemerintahan di tahun 2012, membentuk fondasi keilmuan dan kepemimpinannya di bidang pemerintahan.

Dalam perjalanan karirnya, Erwin telah menempati berbagai posisi strategis. Ia memulai karirnya sebagai Staf pada Bagian Tata Pemerintahan di Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Kemudian ia menjabat sebagai Kasi Ketentraman dan Ketertiban serta Sekretaris Lurah di Kantor Lurah Blang Kolak I, Aceh Tengah.

Pengalaman Erwin di bidang tata pemerintahan terus berkembang ketika ia dipercaya menjadi Kasubbag Umum dan Kepegawaian di Kantor Camat Jagong Jeget, diikuti dengan posisi Kasi Tata Pemerintahan di kecamatan yang sama.

Geliat Erwin dalam mengemban tugas-tugasnya membawa dirinya ke jabatan yang lebih tinggi, termasuk sebagai Kasubid Perencanaan Pegawai di BKPP Kabupaten Aceh Tengah.

Tak berhenti di situ, Erwin juga pernah menjabat sebagai Camat Celala, Atu Lintang, dan Bies, sebelum akhirnya dipromosikan menjadi Sekretaris Dinas Pertanahan.

Keberhasilan dan dedikasinya membuatnya dipercaya sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanahan yang kemudian berlanjut menjadi Kepala Dinas Pertanahan secara definitif.

Dengan berbagai pengalaman di berbagai posisi tersebut, Erwin dipercaya menjadi Plh. Sekretaris Daerah sebelum akhirnya diangkat menjadi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah.

Amanah ini menjadi tantangan baru bagi Erwin Pratama. Ia dinilai mampu mengemban amanah tersebut oleh Pj Bupati, Subhandhy.

Pendidikan dan Pelatihan

Kompetensi Erwin tidak hanya diperoleh dari pengalaman kerja, tetapi juga dari berbagai pelatihan dan pendidikan tambahan yang ia tempuh. Di antaranya, Diklat Prajabatan Golongan II tahun 2004 dan Diklat PIM Tingkat IV tahun 2006 di Departemen Dalam Negeri.

Diklat Manajemen Pemerintahan Desa pada tahun 2016 di BPSDM Kemendagri.

Ia juga menyelesaikan Diklat PIM Tingkat II tahun 2023 di Lembaga Administrasi Negara, dan berbagai pelatihan lainnya, termasuk Latsarmendis Pra Praja STPDN tahun 2002 di Pusdikter Kodiklat TNI AD, Pembekalan Teknis Toponimi pada tahun 2010 di Kemendagri Ditjen PUM.

Serta pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan tahun 2023 di Lembaga Ketahanan Nasional.

Erwin Pratama diharap mampu membawa inovasi dan perubahan positif di lingkungan pemerintahan Aceh Tengah.

“Amanah sebagai Pj Sekda merupakan tantangan besar, namun dengan sinergi dan kerja sama yang baik, kami optimis dapat mengemban tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” kata Erwin.

Ia berharap kolaborasi berbagai pihak untuk menjalankan amanah yang diembannya.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan semua pihak untuk mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya.” Demikian kata Erwin.

[ ARINOS ]

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI