Kirab Api PON di Aceh Tengah Berlangsung Semarak

20
SHARES
113
VIEWS

HARIE.ID, TAKENGON | Kirab api Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XXI Aceh Sumut yang berlangsung di halaman Pendopo Bupati Aceh Tengah berlangsung semarak, Selasa 03 September 2024.

Api PON ini di bawa langsung oleh atlet pencak silat legendaris, Karma Aslia Tarigan, atau kerap dikenal dengan panggilan Ucok Tarigan diiringi dengan sejumlah atlet lainnya.

Mereka membawa api PON ini dari Gedung pengujian kendaraan bermotor (KIR) Paya Ilang, setelah sebelumnya disambut di perbatasan Aceh Tengah dan Bener Meriah.

BACA JUGA

Penyambutan api PON ini turut disaksikan ribuan pelajar dalam Kabupaten Aceh Tengah dan masyarakat di sepanjang jalan.

Pj. Bupati Aceh Tengah, Subhandhy mengatakan, kirab api PON bukan hanya sekedar sebuah seremoni, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam.

“Api ini melambangkan semangat sportivitas, persatuan, dan persaudaraan di antara seluruh komponen bangsa. Kita patut berbangga karena semangat ini menyala di tanah Gayo, di Aceh Tengah yang kita cintai,” ujarnya.

Semangat yang diusung oleh Kirab Api PON, menurut Subhandhy, mengingatkan akan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan kerja keras yang menjadi landasan dalam setiap kompetisi.

Sebagai tuan rumah yang baik, ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan PON ke-21 Aceh-Sumut tahun 2024.

“Kegiatan ini bukan hanya sekadar ajang pertandingan olahraga, tetapi juga sarana untuk memperkenalkan kekayaan budaya, pariwisata, dan potensi daerah kita kepada seluruh masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Oleh karena itu, mari kita tunjukkan keramahan dan kehangatan kita sebagai masyarakat Aceh Tengah dalam menyambut para tamu dan atlet yang datang ke daerah kita,” tambahnya.

Kepada para atlet, Subhandhy berpesan agar mereka terus menjaga semangat juang, menjunjung tinggi sportivitas, dan menunjukkan kemampuan terbaik di arena kompetisi.

“Kalian adalah duta olahraga yang membawa nama baik daerah dan bangsa. Tunjukkan bahwa kalian adalah generasi muda yang tangguh, berprestasi, dan berintegritas.” katanya.

Lebih lanjut, Subhandhy menegaskan bahwa kesuksesan penyelenggaraan PON ke-21 Aceh-Sumut ini tentu membutuhkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat.

“Saya berharap momentum Kirab Api PON ini dapat menjadi penyemangat bagi kita untuk terus berkontribusi dalam memajukan olahraga di daerah kita. Olahraga tidak hanya penting untuk kesehatan fisik, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun karakter dan jiwa yang kuat, disiplin, dan bersemangat,” ujarnya.

Sebagai penutup, Pj. Bupati Aceh Tengah mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk mempererat persatuan dan kesatuan, membangun solidaritas, serta menguatkan komitmen bersama dalam memajukan olahraga dan menjaga nama baik daerah.

“Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, saya yakin kita dapat menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan PON ke-21 ini,” pungkasnya.

[ ARINOS ]

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI